loading_boxPada Awal tahun 2007 lalu, kami mendapatkan permintaan dari PT. MODERN SURYAJAYA untuk membuat Box Culvert dengan ukuran besar. Dimensi box yang mereka minta adalah lebar 8 meter, dan tinggi 4,5 meter serta beberapa bagian yang mempunyai tinggi 5,75 meter khusus untuk pondasi dudukan travelator. Box ini adalah tantangan terbesar kami saat itu, karena ukuran box terbesar yang sudah biasa kami produksi adalah bentang 5 meter dengan tinggi 5 meter. Tantangan terbesar dari pembuatan box ini adalah di berat sendiri box yang mencapai 40 ton. Dengan berat tersebut, masalah terbesar yang akan muncul adalah saat transportasi produk BOX dari lokasi pabrik kami di Ngoro (Mojokerto) ke lokasi pemasangan di Bandara Adisucipto (Jogja). Setelah banyak bertukar pikiran antara engineer kami dengan pihak konsultan perencana (CV. CEEC) dan juga pihak pelaksana (PT. MODERN SURYAJAYA), akhirnya kami sepakati bahwa box culvert ini di pecah menjadi 2 bagian, (top component dan bottom component) layaknya RCBC yang telah biasa kami produksi untuk kemudian kami joint di lokasi pemasangan. construction_boxBila mengacu pada guna dari box ini, box culvert ini dipasang untuk menghubungkan lalulintas penumpang dari tempat parkir bandara Adi Sucipto menuju terminal bandara dengan sistem underpass (tertanam dibawah tanah) yang diatasanya terdapat 4 jalur Rel Kereta api. Sungguh merupakan tantangan tersendiri bagi kami, karena produk Box culvert (tunnel) ini harus kedap air (muka air tanah sangat tinggi) dan juga harus kedap suara (suara bising ketika ada Kereta Api melintas diatas box culvert). Untuk menjamin terpenuhinya kekedapan diatas, kami sendiri (PT. LISA CONCRETE INDONESIA) yang men-joint (menggabungkan) RCBC tersebut, serta memasang sealant khusus serta membran anti rembes. cimg0755Sebagai pelaksana pekerjaan underpass ini, PT. MODERN SURYAJAYA telah memiliki kemampuan (skill) yang mumpuni dalam melaksanakan mega proyek. Mereka mampu memasang RCBC ini dengan baik sesuai dengan rencana, baik schedule maupun ke presisian posisi pemasangan. Permasalahan yang sering muncul hanyalah rembesan air tanah, karena memang posisi muka air tanah cukup tinggi (hampir 3 meter diatas bottom Box culvert). Hal ini memaksa mereka untuk membuat sumur-sumur baru dan juga menambah pompa baru untuk mengatasinya.

Proses pelaksanaan proyek ini pun tergolong menarik, karena ketika proyek berlangsung, Kereta Api masih tetap harus beroperasi, akan tetapi ini bukan menjadi masalah, karena sebelum box culvert ini dipasang, rel kereta api tersebut telah di modifikasi sehingga berfungsi seperti jembatan yang melewati lokasi proyek.

cimg1326cimg1190


Foto Underpass Setelah Finishing finish_box1

finish_box2

2 thoughts on “Underpass Adisucipto Jogja

  1. halo semua, mr. hari, mr. budi. mr. irwan terutama semua yang satu tim di underpass adisutjipto.
    Kapan ya kita bisa kerja bareng lagi.
    Klo untuk news umum jangan ambil lebar tinggi dalam dong, galian tanah kita aja sampai minus 10.
    Tinggi muka air awal minus 4, ternyata wow….. 6 meter genangan air kolam renang, hehehe……. (klo tidak di pompa ya), sampai2 penduduk pada protes sumur jadi kering semua,,, ha..ha……….

    salam
    Bambang
    Modern Surya Jaya, Semarang

  2. Maaf pak Bambang, baru bisa jawab sekarang.
    Kami juga menunggu adanya kerja sama berikutnya.

    Semoga bisa bertemu lagi di lain proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *